Thursday, December 24, 2015

Cara setting angin-angin karburator atau membersihkan karbu motor sendiri

Setting karbu atau bersih-bersih karbu merupakan pekerjaan ringan, tapi kalau gak tepat bisa kacau jadinya, kadang susah dihidupkan atau ndut-ndutan kalau diajak jalan. Buat brader yang masih awam dan ingin coba-coba bisa mengikuti tips ini yaa.. itung-itung belajar sambil penghematan gak usah ke bengkel hehehe apalagi yang filter karbunya udah dilepas wah cocok itu. Tapi kalau gak mau repot ya malah kebetulan bawa saja ke CeMeTGarage ntar kita sembur karbunya hehehe.

Oke langsung saja peralatan yang perlu disiapkan adalah : tang, obeng plus dan minus, pompa angin, rokok, dan kopi :D. Pertama cabut dulu selang bensin di karbu menggunakan tang kalau membran bensin masih bagus selang bensin tak usah disumbat karena gak bakalan keluar bensin , tapi kalau membran sudah rusak ya selangnya bisa disumbat menggunakan apa saja yang penting rapat. Kemudian Untuk karbu yang menggunakan manifol karet buka keling/kancing pengikat pakai obeng kalau manifolnya perunggu bisa gunakan kunci 8 atau 10. Setelah karbu copot buka baut kecil-kecil yang menutup penampung bensin pakai obeng plus, bautnya tiap karbu beda ada yang empat, ada yang tiga, bahkan ada yang cuma dua. Dalam artikel ini kebetulan yang kita pakai adalah karbu vakum satria fu tapi pada dasarnya semua karbu sama saja perlakuannya. Setelah terbuka penampakannya seperti gambar berikut.
anatomi karbu




Setelah tebuka langsung saja semua yang ada panahnya pada gambar diatas sampean buka pakai obeng, kalau jarang dibersihkan biasanya agak keras bukanya. Bersihkan bagian-bagian yang kotor terutama pilot dan main jet menggunakan sikat atau kuas dan jangan lupa pake bensin biar bersih, untuk maksimalnya gunakan kompresos untuk meniup lubang pilot dan main jet serta lubang-lubang yang ada di karbu baik lubang jet ataupun lubang ventilator (usahakan semua lubang dikarbu juga disembur hehehe) karena biasanya dilubang-lubang tersebut banyak kotoran nempel, kalau tidak ada kompresor bisa menggunakan pompa angin biasa kalau tidak punya ya pakai komprengor aja hahahaha (kompresi congor).

Untuk karbu vakum perlu juga dicek skep dan karet skepnya pastikan skep dalam kondisi baik tidak terlalu banyak lapisan teflon yang tergores kalau teflonya sudah banyak terkikis di jamin sering macet skepnya, pun dengan karetnya pastikan rapat dan tidak ada bocor atau bolong kalau ada kebocoran hhhmmm... tarikan motor loyo yo yo yo... karbu vakum memiliki respon yang lebih lambat ketimbang karbu biasa, untuk mengakalinya silakan simak di tips meningkatkan respon karbu vakum.

karet skep harus dalam kondisi baik/tidak bocor
Sebagai catatan karet karbu sebaiknya tidak terkena bensin karena pada dasarnya karet akan molor atau memuai jika terkena bensin walaupun sudah didesain agar tahan bensin oleh sononya dan jarum skep kalau tidak diperlukan tidah usah dilepas kecuali dianggap perlu penyesuaian (Apabila kancing atau klip jarum ditaruh pada nat paling bawah bensin semakin boros tapi tarikan makin yahud begitu pula sebaliknya) setiap jarum memiliki jumlah nat yang berbeda ada yang 3,4 dan 5.
jarum skep

Kalau sudah cling semuanya tinggal dirakit kembali seperti semula hati-hati buat pemula jangan sampai ada yang salah masangnya ya hehehe.


Terakhir dan yang paling penting setelah semua di pasang kembali dengan benar di motor adalah setting air screw atau stelan angin kalau bahasa jawanya, untuk menyetel dengan benar putar screw berlawanan arah jarum jam setengah putaran kemudian nyalakan mesin sambil gas ditahan putar baut stelan skep atau stelan idle searah jarum jam hingga kira-kira rpm mesin mencapai 2000 s/d 2500rpm lepaskan gas lalu putar lagi stelan angin berlawanan arah jarum jam sembari cari dan rasakan rpm semakin meninggi saat rpm sudah tidak naik lagi atau justru menurun kembalikan putaran screw pada titik rpm tertinggi lalu putar kembali baut stelan skep/idle screw berlawanan arah jarum jam untuk menentukan rpm idle yang ideal/stasioner (stasioner ideal adalah di rentang 1200 s/d 1500rpm dibawah itu pompa oli tidak bekerja maksimum saat idle)
Oke mas bro sekian dulu semoga bermanfaat .
karbu skep biasa
karbu vakum

NB: Setelan angin atau air screw pada karbu terkadang berbeda ada yang semakin dibuka (diputar berlawanan arah jaruk jam) semakin basah atau boros (biasanya pada karbu vakum dan keluarga gl) ada pula yang sebaliknya semakin dibuka semakin kering atau irit (pada karbu biasa kebanyakan), baiknya setting air screw setelah ketemu rpm tertinggi diputar kembali kearah basah seperdelapan putaran atau setengahnya seperempat supaya tidak susah dihidupkan saat pagi hari atau dingin.

1 comment:

  1. Tulisan yang bermanfaat dan menginspirasi, berbagi ulasan tentang perbaikan mobil dan motor di Tutorial Memperbaiki Mobil Motor

    ReplyDelete