Wednesday, April 19, 2017

SOLUSI PENGGANTI LAHER DAN SIL WATER PUMP NINJA 4 TAK

Pada kesempatan yang lalu telah kita bahas cara bongkar water pump ninja 4 tak, kali ini kita akan bahas subtitusi atau persamaan pengganti laher dan sil ninja 4 tak yang harganya selangit hehehe. Bagi bro yg tajir gak mau repot ya cukup beli satu set water pump ninja yg kira2 harganya 900an, jadi tulisan kali ini kita tujukan bagi mereka yang ingin berhemat dan memang suka utak-atik motor kesayangan.

Oke langsung ke pokok masalah jika water pump mengalami masalah dengan sil yang mulai kendur dan laher yang mulai oblak  mending jangan tunda2 untuk segera diperbaiki karena komponen yang satu ini memiliki fungsi yang signifikan bagi keawetan mesin secara keseluruhan. Pertama langsung bongkar water pump, bagi yg belum bisa membongkar silahkan ikuti artikel sebelumnya tentang cara bongkar water pump ninja 4 tak. Setelah terbongkar dan di pastikan ada masalah dengan sil maupun laher dengan ciri laher oblak atau sil kendor(jika parah air radiator bisa masuk ke mesin dan mengotori oli.).
Perhatikan gambar berikut :


Pada gambar di atas tampak as laher dan sil water pump, untuk mengakali sil yang sudah kedur (panah hitam) bisa diganti dengan sil saudara ninja 4 tak, yakni ninja 2 tak yang kebetulan memiliki bentuk dan ukuran yang serupa, hebatnya lagi nyarinya gak susah hehehe.

Kemudian sebagai pengganti laher yang aus bisa diakali dengan memakai laher noken as honda grand sebanyak empat buah, yang jadi masalah disini penulis lupa apa perlu bubut rumah laher atau tidak karena trik ini saya lakukan tepat saat saya menulis artikel tentang cara bongkar water pump ninja kira2 juli 2016 hehehe. tapi tenang untuk mengetahui tinggal coba dimasukkan laher noken grand ke rumah water pump kalau gak muat ya tinggal bawa ke tukang bubut minta dibubut dengan  kelonggaran sedang ( tidak plong tapi kalau diketok palu tidak terlalu keras untuk bongkar pasang).

Selanjutnya simak gambar berikut :


Laher dan as water pump ninja 4 tak adalah satu kesatuan yang utuh dan tidak bisa dilepas jadi untuk melepas harus merusak laher (bagian yang saya pegang). Nah apabila laher tadi kita ganti dengan laher biasa maka as laher bisa goyang maju mundur karena tidak ada penahan, dan untuk mengakalinya, pada gambar diatas yaang ada panah merah pada as kita buatkan nat untuk dipasang snap ring sebagai penahan laher dan as supaya tidak berubah posisi. Untuk memastikan keawetan trik ini pemasangan laher dan snap ring diusahakan sepresisi mungkin sesuai aslinya, kalau perlu sebelum laher lama dirusak diberi tanda dulu posisi titik luar dan dalam pada panah merah gambar diatas.

Dan hasilnya sampai saat ini april 2017 setelah hampir setahun water pump akal-akalan masih dalam keadaan sehat wal afiat hehehe. Selamat mencoba semoga berhasil!.

2 comments: