Thursday, April 9, 2015

Konversi Persamaan diameter 4 Klep dengan 2 Klep

Seperti kita tahu klep punya andil besar dalam menentukan kurva power maupun lokasi peak power pada mesin kendaraan bermotor, seiring perkembangan teknologi sistem DOHC atau aplikasi 4 klep per silinder semakin marak dan lambat laun mulai menggeser sistem SOHC atau 2 klep per silinder. Semakin besar klep maka semakin besar peluang menghasilkan power tertinggi sebuah mesin akan tetapi penerapan klep diameter besar bukan tanpa halangan diameter seher pada motor cc kecil yang relatif kecil adalah persoalan yang hanya bisa di selesaikan dengan penerapan 4 klep per silinder. Saking besarnya pengaruh ukuran klep sampai sampai yamaha motogp pernah menerapkan 5 klep per silinder untuk mengejar kedigdayaan honda pada waktu itu sekitar tahun 20050 s/d 2003 demi mengejar top speed di trek lurus.
Kop tiger seher 71mm


Sebagai contoh mesin honda Tiger berdiameter seher 63,5mm ingin di pasang klep diameter 34mm tentu luas penampang permukaan kop tidak akan muat seating klep, untuk klep 31mm saja sudah mentok garis luar squis kop apalagi 34mm weleh jadi modif tambal gak karu karuan. Trus gimana solusinya ???? Solusinya ya ganti Blok Kop DOHC macam punya satria fu
sebagai perbandingan diameter seher satria 62mm bisa di benamkan klep in 24mm dan out 21mm dimana klep 24mm dua biji setara dengan 34mm sebiji. kok bisa??? ya bisa begini perhitungannya
Kop satria klep 24 dan 22


Untuk membuat persamaan yang kita jadikan acuan adalah luas permukaan klep dimana:
L = 3,14 x r kuadrat
L = 3,14 x 12 kuadrat 
L = 3,14 x144
L = 452,16mm
karena klep in fu ada dua biji maka luas klep fu 24mm adalah 452,16 x 2 =904,32
L = luas
r  = jari jari (separuh diameter)
Sekarang tinggal kita konversi luas tersebut dalam klep tunggal 
r = akar (L / 3,14) x 2
= akqr (904,32 / 3,14) x 2
= akar (288) x 2
= 16,97 x 2
=  33,9
Dari persamaan diatas diketahui bahwa klep ganda 24mm setara dengan klep tunggal 34mm, untuk menentukan diameter ideal klep sesuai kebutuhan mesin silakan cekidot link ini.
Sekian uraian singkat dari saya kurang lebihnya monggo di koreksi...!!!!!

No comments:

Post a Comment