Bagi pemilik ninja 4tak penting untuk memperhatikan kesehatan water pump yang mana fungsinya sebagai pendorong air mengitari mesin menuju radiator kemudian balik lagi ke mesin demi efisiensi termal (pendinginan). Ada beberapa gejala yang mengindikasikan ada permasalahan pada part yang satu ini, diantaranya:
- Ketika ganti oli, jika oli terlihat encer dan mirip susu hehehe pertanda ada kebocoran pada sil water pump. Jika tidak segera diganti, air yang masuk mesin bisa merusak komponen mesin.
- Suhu mesin terasa lebih cepat panas dari biasanya (baru dipake sebentar indikator suhu sudah nyala), kemungkinan ada masalah dengan baling-baling water pump.
- Terdengar suara klutuk-klutuk dari mesin sebelah kiri bawah (tempat water pump), Bisa jadi as laher (saya sebut demikian karena as dan laher jadi satu) sudah oblak hal ini juga berpengaruh pada sirkulasi air menjadi lebih lambat sehingga mesin juga cepat panas.
Berikut kita ulas cara membongkar water pump ninja 4tak untuk mendiagnosa kemungkinan kerusakan yang terjadi.
Pertama kendurkan kedua baut pengikat water pump, lalu gunakan obeng untuk mengungkit water pump keluar dari tempatnya seperti gambar berikut.
water pump sudah dilepas |
proses pemaluan :D |
As laher berhasil dicopot |
as laher |
Untuk proses pemasangan tinggal lakukan kebalikan proses pembongkaran tadi!
Saat saya menulis ini, saya sedang dalam proses mencoba memperbaiki as laher dengan menggunakan laher biasa, kalau berhasil nanti kita share lagi di postingan berikutnya.
hala aq mok bujui iku
ReplyDeleteKuaaapok yowes
DeletePake laher biasa hasilnya gmn mas?
DeleteCara buka baling2nya gimanya ya om....
ReplyDeletePake sill ninja R biza om
ReplyDeleteOm kalo seal water pump ninja250 KNP sih sma seal water pump nya ninja R atau RR. Maksudnya biar agak ringanan gitu biaya nyah
DeleteOm cara lepas baling balingnya giman ya, apakah ada bautnya
ReplyDeleteCara lepas baling balingnya gimana
ReplyDelete