Thursday, July 21, 2016

Membongkar Water pump ninja 4tak 250cc

Bagi pemilik ninja 4tak penting untuk memperhatikan kesehatan water pump yang mana fungsinya sebagai pendorong air mengitari mesin menuju radiator kemudian balik lagi ke mesin demi efisiensi termal (pendinginan). Ada beberapa gejala yang mengindikasikan ada permasalahan pada part yang satu ini, diantaranya:
  1. Ketika ganti oli, jika oli terlihat encer dan mirip susu hehehe pertanda ada kebocoran pada sil water pump. Jika tidak segera diganti, air yang masuk mesin bisa merusak komponen mesin.
  2. Suhu mesin terasa lebih cepat panas dari biasanya (baru dipake sebentar indikator suhu sudah nyala), kemungkinan  ada masalah dengan baling-baling water pump.
  3. Terdengar suara klutuk-klutuk dari mesin sebelah kiri bawah (tempat water pump), Bisa jadi as laher (saya sebut demikian karena as dan laher jadi satu) sudah oblak hal ini juga berpengaruh pada sirkulasi air menjadi lebih lambat sehingga mesin juga cepat panas.
Berikut kita ulas cara membongkar water pump ninja 4tak untuk mendiagnosa kemungkinan kerusakan yang terjadi. 
Pertama kendurkan kedua baut pengikat water pump, lalu gunakan obeng untuk mengungkit water pump keluar dari tempatnya seperti gambar berikut.

water pump sudah dilepas
 Dalam posisi baling2 masih nempel water pum jika digerak-gerakkan terasa goyah  bisa dipastikan as laher sudah aus.

Untuk melepas as laher dari water pump kita butuh palu untuk menggetok keluar hehehe seperti gambar ini.
proses pemaluan :D

As laher berhasil dicopot
Pada gambar as laher berhasil dicopot diatas yang paling atas adalah baling-baling water pump, dibawahnya persis adalah sil yang mencegah air masuk ke as laher atau mesin, dibawahnya lagi yang ane pegang itu adalah as laher yang menghubungkan baling-baling dan engine.
as laher
As laher diatas terdiagnosa sudah rusak atau oblak dan ane bingung mau beli dimana, iseng-iseng browsing gak ada yang jual sekalinya ada harus satu set water pump seharga Rp.900.000,- (Glodak jatuh dari kursi) mahal amat ya...

Untuk proses pemasangan tinggal lakukan kebalikan proses pembongkaran tadi!
Saat saya menulis ini, saya sedang dalam proses mencoba memperbaiki as laher dengan menggunakan laher biasa, kalau berhasil nanti kita share lagi di postingan berikutnya.

8 comments:

  1. Cara buka baling2nya gimanya ya om....

    ReplyDelete
  2. Replies
    1. Om kalo seal water pump ninja250 KNP sih sma seal water pump nya ninja R atau RR. Maksudnya biar agak ringanan gitu biaya nyah

      Delete
  3. Om cara lepas baling balingnya giman ya, apakah ada bautnya

    ReplyDelete
  4. Cara lepas baling balingnya gimana

    ReplyDelete