Friday, November 28, 2014

Memaksimalkan Performa SATRIA FU korek harian part I (meningkatkan kompresi)

Kali ini saya akan posting lagi tentang satria Fu yang mana pada artikel kali bisa broder praktekin sendiri dirumah, ada beberapa tahap yang bisa dilakukan untuk memaksimalkan performa motor yang satu ini tapi disini kita pilih yang mudah dan bisa dilakukan siapa saja yang penting paham dan tahu cara pegang obeng heheh.

1. MENINGKATKAN KOMPRESI
pak kop satria bisa dibelah jadi tiga
Kompresi adalah salah satu faktor penting untuk urusan power walaupun Satria sudah menganut kompresi yang cukup tinggi tapi masih bis kita maksimalkan dengan cuma memasang satu saja pak kop satria yang ada tiga buah,pak antara blok dan kop. Ketiganya sama jadi ambil yang mana saja bisa. Dengan pengurangan ini saya perkirakan sama dengan pemapasan head antara 0,8 sd 1mm (selanjutnya tebal per satu pak kita anggap 0,4mm). Dengan memakai rumus sbb:

 Kompresi = (Vsilinder + Vruang bakar) : Vruang bakar

 Alhasil kompresi menurut "BROSUR" 10,5:1 secara hitungan rumus kompresi naik menjadi 12,2:1 akselerasi makin sip dan juga nilai lebih dari pengurangan pak ini motor terbebas dari gejala kebocoran kompresi saat sedang akselersi hal ini detengarai adanya suara jebrat jebret dari mesin teruatama digigi 5 dan 6 semakin digas motor terasa malah mundur hehehe sebab dari pengalaman banyak rider fu mengalami masalah ini dan ketika dilakukan pengurangan pak masalah ini teratasi.

Masih ada satu pak lagi yang bisa diambil demi kompresi tinggi yakni pak blok, pak antara crankase
pak blok satria fu
dan blok. Dengan asumsi ketebalan pak 0,4mm maka kompresi motor naik lagi jadi 13,9:1 wow...
perhitungan diatas berdasarkan data sbb :
~ Diameter seher 62mm
~ Stroke 48,8mm
Sehingga ketemu kapasitas asli fu = 147,3cc
Menurut brosur rasio kompresi fu 10,5:1 dengan demikian berdasar rumus diatas volume ruang bakar fu adalah 15,5cc, kemudian berdasarkan rumus perhitungan volume silinder yakni:

V = 1/4 X 3,14 X Dkuadrat X P

maka per satu pak (kita anggap 0,4mm) kita mendapat pengurangan volume ruang bakar sebesar 1,2cc, kalo pak yang diambil sebanyak tiga biji berarti pengurangan volum ruang bakar sebesar 3,6cc nah tinggal ngitung deh..

2. MEMAKSIMALKAN PORTING
3. MENONAKTIFKAN SISTEM PAIR
4. JETTING KARBU

No comments:

Post a Comment