Sunday, November 30, 2014

Memaksimalkan Performa SATRIA FU Korek Harian part II (poles porting)

1. MENINGKATKAN KOMPRESI
2. POLES PORTING
contoh poles porting ala CeMeT
Bagi brader yang belum tau apa itu porting sekilas porting adalah lubang saluran bahan bakar masuk dan keluar dari mesin, yang in adalah bagian yang terhubung ke manifol dan yang ex yang terhubung ke knalpot.

Sebenarnya untuk poles porting ini memerlukan peralatan khusus yaitu bor tune dan mata bor korek yang tajam untuk kesempurnaan poles. Tujuan poles disini adalah untuk memperlancar aliran gas masuk maupun keluar atau meningkatkan air flow tanpa mengurangi gas speed. Mengingat satria sudah menganut sistem DOHC maka layak bila jalan keluar masuk gas ini kita perlebar atau paling tidak diperhalus, lagian setelah kompresi naik dipastikan suhu mesin juga gampang panas, salah satu cara mengatasinya dengan meningkatkan debit gas masuk (udara dingin dan karakter bensin yang dingin dapat membantu menurunkan suhu mesin) dan mempercepat keluarnya gas panas hasil pembakaran dari mesin.

mengingat artikel ini dibuat supaya pembaca sekalian bisa praktek sendiri dirumah maka cukup menghaluskan porting saja.Pertama siapkan amplas kasar kira-kira nomer 200 sebagai pengganti bor tune hehehe dan amplas halus untuk finishing. Oh iya untuk melakukan ini sebaiknya head tidak dalam posisi nemplok mesin alias sudah di copot supaya butiran debu sisa pengamplasan tidak masuk ruang bakar yang dapaat merusak seher dan klep itu sendiri. Untuk port in dimulai dengan amplas kasar hingga permukaan porting yang mirip kulit jeruk halus, hati-hati usahakan amplas tidak menggasak atap siting klep.Tidak perlu merubah bentuk karena cuma pake amplas bisa berhari-hari gak kelar-kelar :D.... kalau maksa ya di bentuk tirus mengecil ke dalam. Pada persimpangan yang membagi gas ke dua klep usahakan dibikin lancip demi air flow yang baik setelah itu haluskan dengan amplas yang halus. Lakukan hal yang sama pada port ex.

Kelar gosok-gosok bersihkan head sampai benar-benar bersih kemudian pasang kembali.

3.MENONAKTIFKAN SISTEM PAIR
4. JETING ULANG KARBU

1 comment:

  1. Porting itu klep harus dicopot ya? Dan pengamplasan juga harus dari lubang klep juga? Ato cukup dari lubang in(manifol) dan lubang ex(leher knalpot) saja? Dan untuk mesin std, ukuran porting berapa ya? Pemula bang

    ReplyDelete