Thursday, December 24, 2015

Kenapa motor lama-lama menjadi boros? dan loyo tenaganya.

Pernah ngaak merasa kok lala-lama motor jadi makin boros padahal mesin semuanya standar. Kalau jawabannya iya, ente perlu nyimak baik-baik artikel ini. Pada dasarnya motor didesain agar kuat dan tahan lama hehehe maksutnya minim perawatan gitu lo.. selain penggunaan part berkualitas baik juga disematkan piranti-piranti penunjang keawetan salah satunya adalah filter karburator. Fungsinya adalah menyaring udara yang dihisap karbu supaya bersih bebas debu, tapi sebersih-bersihnya filter tetap saja bisa ditembus partikel-partikel debu kecil, sehingga jika filter jarang dibersihkan maka lama-kelamaan kotoran ini akan menumpuk dibusa atau kertas filter yang mengakibatkan berkurangnya asupan udara ke mesin, ingat prinsip kerja karbu tergantung hisapan mesin jika filter tersumbat maka bensin yang terhisap semakin banyak mengakibatkan karburasi terlalu basah atawi boyos.
Apabila saringan filter sudah tidak layak atau bolong-bolong maka debu justru mudah nylonong masuk karbu dan bisa nyangkut didalam lubang-lubang karbu, kalau dibiarkan bisa mengganggu, kinerja karbu jadi tidak optimum.
lubang angin pada karbu

Pada gambar moncong karbu diatas panah yang menunjukkan beberapa lubang pada karbu sekilas memang terlihat besar, tapi bila diintip lebih teliti didalamnya lubang-lubang tersebut sangat kecil bahkan tidak lebih besar dari ujung jarum jahit wew.. kecil buanget ya. Lubang tersebut berfungsi menambahkan udara pada jetting karbu dengan tujuan supaya pengkabutan bensin lebih optimum. Nah  kalau lubang kecil ini tersumbat maka selain pengkabutan tidak halus atau butiran bensin terlalu besar(pembakaran tidak sempurna karena jarak partikel bensin berjauhan) juga yang terhisap hanya bensinnya tok sehingga dapat menyebabkan pemborosan. Jadi rajinlah membersihkan karburator, kalau pengen membersihkan sendiri silakan tengok caranya disini

Selain hal diatas knalpot bocor atawa ngobos juga membantu motor jadi makin boros karena berkurangnya tendangan balik atau turbulensi di knalpot perkara ini menyebabkan sebagian gas bensin yang tidak terbakar atau gas segar dari karbu ikut-ikutang nylonong langsung ke knalpot hal ini di tandai dengan asap knalpot yang pedih di mata, apalagi motornya 2tak semakin besar efeknya pada konsumsi bahan bakar, perhatikan dalil graham bell salah satu pengarang buku tuning terlaris di dunia bahwa knalpot pada mesin 2tak berpengaruh 30% pada tenaga motor. Lha yang dipengaruhi kan tenaganya bukan borosnya, lha iya bro kalau motor dipake jalan 50km/jam untuk motor yang knalpotnya bocor butuh bukaan gas lebih tinggi dari pada yang normal jadi minumnya lebih banyak.


No comments:

Post a Comment