Tuesday, December 23, 2014

Modif Honda GL 100 Dua Silinder Ltwin Part II

Positng  kali ini adalah kelanjutan dari MODIF HONDA GL 100 DUA SILINDER (Ltwin) Part I.
Selanjutnya diperlukan perhitungan khusus untuk menentukan berat magnet, selain sebagai sumber listrik magnet juga bisa digunakan sebagai balancer yang bisa meminimalisir getaran dan juga memaksimalkan torsi. Mengingat isi silinder yang melonjak drastis masalah yang satu ini bila tidak jeli bisa dipastikan motor bakal lompat2 macam rodeo hehehe tenaganya liar dan sulit dikendalikan.
Mesin Ltwin tampak samping kiri

 Penentuan berat bandul sangat menentukan karakter motor terutama torsi, kalau terlalu ringan memang enak saat di geber2 suaranya cepet banget naik tapi torsi kurang di atasnya begitupun sebaliknya. so untuk menentukan bobot tergantung karakter si empunya motor suka yang kayak gimana tinggal atur aja. Semakin berat semakin besar torsi tapi mengurangi akselerasi perhitungan ini tidak di dasarkan pada bobot asli kruk as dan magnet tapi keduanya telah di tambah bobot 30% dari total bobot kruk as dan magnet yang mana penambahan tersebut menjadi patokan awal standar penambahan berat yang ideal menurut penulis berdasarkan riset modif dua silinder dan penyesuaian counter balance kruk as.

Ada beberapa cara yang bisa di tempuh untuk mengatur bobot bandul yakni dengan mengurangi (bubut) ataupun menambah (tambal) bobot dan atau diameter magnet dan hal yang sama bisa dilakukan pada kruk as. Kalau di tanya berama gram idealnya saya tidak tahu pasti karena nggak punya timbangan digital cuma mengandalkan perasaan saja hehehe jadi kalau di tes terasa kurang berat ya bongkar lagi, tambal lagi sampai ketemu yang dirasa pas.

Penambahan bobot magnet kira2 500gram bikin maknyus

Satu lagi yang gak kalah penting dalam pemilihan karburator usahakan satu jenis dan satu merk agar di dapat setting yang benar2 sama, kalau tidak sama dipastikan stasioner kacau dan tidak bisa langsam getaran pun semakin kuat terasa. Jetting dan setting skep harus sama kecuali setelan angin2 agak sedikit beda jika panjang leher knalpot tidak sama, untuk hasil yang maksimal mesin di tes satu persatu, kecuali setting bukaan skep harus secara bersamaan sampai terdengar stereo yang balance.

Oke bro sis sampai di sini dulu kalau ada yang mau sharing monggo..

mesin Ltwin tampak samping kanan


Berikut saya lampirkan video suara motor hasil modipan dengan knalpot seadanya hehehehe


Mesin Ltwin telah di instal

 
first start setting karbu belum rata





No comments:

Post a Comment