Friday, January 2, 2015

Pasang sendiri Tachometer variasi 5 kabel di Motor

jalur kabel tako variasi
Banyak sekali aksesoris aftermarket yang beredar di pasaran dari yang katanya meningkatkan performa mesin sampai yang sekedar mempercantik tampilan, salah satunya adalah tachometer variasi yang banyak sekali beredar dengan berbagai merk dan kisaran harga yang variatif.

Untuk mempercantik tampilan Gl modif Ltwin yang tak lain adalah tunggangan penulis sehari-hari penulis tertarik memasang tachometer variasi yang boleh dibilang harganya cukup murah merk tidak terkenal hehehe secara tampilan tampak seperti di gambar.

Setelah bayar ane tanya sama penjualnya tentang pemasangan kabel-kabel di tako yang berjumlah lima buah dan ternyata GLOBRAK si penjual gak ngeh cara pasangnya hadew  tapi tetep ane bawa pulang dengan harapan ntar tanya mbah google pasti beres.... browsing pun dilakukan dengan kecepatan seadanya wakakakaka semua tutorial yang didapat di praktekan tapi tacho tetep diem gak bergerak :(

Akhirnya jurus andalan dikeluarkan yaitu coba-coba colok sana-sini. Sekali ketemu tako mau bergerak eh motor malah brebet puyeng deh.., sruput kopinya hisap dalam-dalam ududnya ah... fress lagi otak ane coba lagi colok-colok akhirnya nemu juga penyambungan yang bikin tako bisa baca RPM mesin dan tidak bikin brebet motor.
tako gl win

Dua kabel yang jadi satu warna merah dan hitam adalah kabel lampu penerangan tako jadi tidak terkait pembacaan putaran mesin tinggal di sambung ke massa yang warna hitam dan ke positif lampu utama (lampu depan) yang warna merah. Kemudian ada lagi tiga kabel dengan warna hitam, kuning dan hijau nah ini yang membaca putaran mesin langsung colok warna hitam sambung ke massa, hijau arus positif accu setelah kontak sebagai sumber tegangan tako, terakhir warna kuning bisa di sambung ke kabel pulser atau kabel yang dari CDI ke Coil sebagai pemberi signal putaran mesin ke tako keduanya work 100% untuk jenis tako 5 kabel dengan warna kabel seperti tercantum di atas untuk yang kabel yang berwarna selain seperti yang penulis beli kita belum riset hehehe ntar kalo udah riset pasti kita share.

Semoga bermanfaat..

No comments:

Post a Comment