Tuesday, March 10, 2015

YAMAHA MIO TOP SPEED MENINGKAT AKSELERASI MANTAP TANPA BORE UP

Awal cerita bro tetangga rumah mengeluh tentang motor mio kesayanganya ane lupa namanya hehehe anak seumuran segitu udah gak tau nama-namanya, mio saya larinya kok cuma mentok 100kpj ya... keluhnya, dari situ ngebrel ngaror ngidul gimana caranya top speed meningkat akselerasi mantap tanpa bore up tapi nyaman dan aman buat harian dan yang paling penting hemat biaya wekekeke akhirnya dia memutuskan untuk mengirim mionya ke CeMeT garage untuk di upgrade.

Pertama kita diagnosa dulu motornya blok head di bongkar ternyata ni motor masih perawan hmmm belum pernah terjamah tangan jahil tuner tuner gatel macam kita hehehe setelah di amati sebenarnya ada sedikit masalah pada seher dan pir seher yang sudah agak longgar sehingga seharusnya butuh oversize tapi gak apa2 lah orang mau hemat malah kolter segala jatuhnya malah gak sesuai sama judul dong tanpa bore up. Ya udah anggap aja sehernya masih oke

Setelah melihat, menimbang, dan meraba dengan seksama di putuskan untuk :
1. Papas noken (wajib) menggunakan mesin giling noken yang baru (rakitan CeMeT) dengan tujuan meningkatkan lifter klep 1,5mm dari standar dan mengubah sikit timing buka tutup klep tepatnya timing buka klep in dan ex di buat sedikit lebih awal tanpa merubah lobe center, hal ini di lakukan bertujuan meningkatkan pasokan gas segar dan mempercepat pelepasan kalor di ruang bakar tanpa merubah peak power terlalu tinggi. Supaya apa broo??? ya supaya tetep irit lah hehehe

Noken setelah di giling

2. Porting di halusin saja pakai bor tune biar cepet terutama bagian ex di buat sehalus mungkin, untuk in sengaja di buat sedikit kasar untuk membantu memaksimalkan pencampuran udara dan bbm (karburasi) yang mana seperti kita tahu semakin kecil butiran cairan bbm maka semakin baik hasil pengkabutan dan pengkabutan yang baik semakin mudah di pantik oleh pengapian yang masih standart dan lagi2 setting karbu bisa dibikin lebih garing hehehe ujung2nya.....

3. Setelah lifter klep naik maka beban kerja pir klep pun bertambah, untuk sedikit mengurangi beban pir klep di lakukan back cut dan front cut pada klep ex dan fron cut saja pada klep in.

4. Pun sama pada coakan klep di seher dibikin lebih dalam 2mm untuk menghindari kemungkinan bertabrakan dengan klep karena kita asumsikan pir klep standar yang sudah di pakai bertahun tahun kelenturannya berkurang jadi peluang terjadi floating lebih besar.



5. Terakhir untuk melengkapi jurus2 di atas dilakukan pemapasan head sebanyak 0,5mm demi peningkatan kompresi.



Lho mas bro jettingnya piye??????
Pake nanya segala ya udah pasti lah spuyer kita ukrek2 dikit biar lega hahahaha
lha terus yang laine piye koyo knalpot karbu dll..??
pokoknya yang gak di sebut di atas kita gak jamah
setelah engine selesai di rakit moment inilah yang paling mendebarkan yakni test ride sebagai tolok ukur sukses tidaknya penerapan jurus2 di atas. Setelah si empunya melakukan test lama juga nunggunya kemana ni anak?? Wah panjang umur baru di omongin nongol ni anak sambil cengengesan kayak orang yang nemu jodoh hehehe
Piye tarikane le? kuat lari piro motormu? 120kpj om berdasarkan speedometer bawaan mio memakai pelg dan ban standart tarikanya pun oye
Yo wis nek wis puas ayo totalan kene hehehehe.....
PAHE TETEP NGACIRRRRR...........

No comments:

Post a Comment