Monday, November 17, 2014

Motor Berbahan Bakar LPG (Membuat LPG Konverter Kit)

Harga BBM yang mahal emang bikin puyeng, apalagi buat orang yang aktifitas sehari-hari selalu menggunakan motor tinggal ngitung aja rata2 motor yang irit 1liter bisa buat 40 ssampai 60 km lebih dari itu berati musti tambah duit lagi hehehehe kalau motor dibikin lebih irit lagi waduh kasian motornya kelaperan dah gitu akselerasi pasti jadi loyo top speed ikut-ikutan drop HADEW.. Keadaan seperti ini membuat penulis berfikir untuk mencari solusi yang maknyus yakni mencari Bahan Bakar Lain yang lebih ekonimis tentunya.

Dalam hal ini penulis merasa Gas LPG termasuk salah satu yang oke selain harganya yang murah juga karena lebih mudah di dapat hampir di semua toko kecil maupun besar ada jadi gak repot belinya. Pertanyaanya kemudian Bisa Gaak....??? Secara teori tentu bisa bahkan ini bukan ide yang pertama penulis sudah mendengar desas-desus motor LPG bahkan sejak 2012 silam, tapi entah kenapa kok sepertinya kurang dapat perhatian dari masyarakat alias kurang diminati padahal menurut ane spek dari gas yang atu ini oke punya bro... selain punya nilai oktan yang cukup tinggi juga lebih murah yaa mungkin masih belum sempurna kali ya atau dinilai ribet gitu.

Dari pada penasaran mending kita lets go cobain langsung sensasinya.. secara singkat dan sederhana ane akan beberin motor LPG konverter ane.
Pertama siapkan :
          ~ karbu yang akan dimodif
          ~ Selang Gas
          ~ Tabung LPG
          ~ Regulator yang ada kontrol debitnya (hight Pressure Regulator)
Pada prinsipnya adalah sama dengan cara kerja BBM biasa yang membedakan hanya kalau bensin baru bisa masuk mesin jika terjadi daya hisap oleh mesin sedangkan gas sudah memiliki tekanan tertentu sehingga harus di pastikan gas sepenuhnya masuk mesin tak ada yang nyrobot keluar biar aman dan terhindar dari resiko kebakaran.

Pertama tutup rapat semua lubang yang bisa tembus kepenampung bensin dikarbu kecuali lubang pilot jet, main jet, ventilator, dan setelan angin tujuannya agar tidak ada gas yang keluar dari karbu, kalupun ada cuma sedikit akibat efek over lap noken as sih gak apa2 bro.. terus jalur masuk gas ke karbu masih sama yakni lewat jalur ventilator tapi pelampung dan ventilatornya tidak usah di pasang karena sudah tidak bisa difungsikan lagi, gunakan selang yang bagus  dan sambungkan ke tabung gas memakai redulator yang ada stelannya atau untirannya wakakakakakaa.....

Sampai tahap ini bila karbu langsung di pasang motor harusnya sudah bisa menyala tinggal setting stelan angin, jarum skep, dan debit gas yang dikeluarkan tabung. Urutanya cari campuran(udara dan LPG) yang pas dulu di gasingan atas atau gas polnya dengan cara memutar-mutar stelan regulator sembari motor di gas naik turun (naik smpai gas pol, turun sampai nutup atau bahasa jawanya di bleyer2) apabila gas polnya dirasa sudak maknyus berarti bukaan LPG sudah sip tinggal cari stationer dan gas tenganya, untuk stationer seperti biasa melalui angin2 dan untuk tengahnya melalui jarum skep. Apabila agan sebelumnya dah mahir setting karbu hasilnya pasti maknyus tapi kalau masih awam mending serahkan aja pengerjaanya kepada yang berwajib untuk mendapat hasil yang sempurna atau kalau tidak motor ente bakal batuk2, ngok, brebet, kaya kuda lumping jgagaga

Oh iya ane lupa biar aman tambahkan membran/vacum valve pada selang antara tabung dan karbu biar gasnya gak nylonong kalau mesinnya sedang mati, dan jangan lupa tutup stelan regulator jika motor akan berhenti untuk waktu yang lama misal saat malam hari. Alhasil di Suzuki Smash besutan bokap yang ane convert jadi LPG  masya Allah maknyus hehehe irit lagi dah seminggu lebih belum ganti tabung padahal saban hari di pakai kepasar, kesawah, jalan2, ketukang bubut, weleh-weleh tapi kalu ukuran pastinya ane belum ngitung tapi ane perkirakan satu tabung gas 3kg bisa mencapai 250km sampe 300km dengan asumsi motor yang dipakai jenis bebek 100cc s/d 110cc dengan pemakaian biasa alias tidak ngebut macam dragster. Dari sini bisa di tarik kesimpulan pemakaian gas jauuh lebih ekonimis tapi kelemahannya penempatan tabung dimotor, saran saya sih beli aja box bagasi yang nemplok di belakang jok buat naruh tabungnya biar secara pemandangan lebih gurih :D.

Aduuh ada lagi yang kelupaan hehehe tambahkan dua buah pengukur tekanan untuk mengetahui isi tabung dan tekanan yang dikeluarkan yaa.. kayak yang di tabung oksigen itu lho, gunanya biar tahu kalu isi tabung tinggal dikit so kita terhindar dari kehabisan gas ditengah jalan. Lha trus sisanya yang tinggal dikit gimana? sayanag kan kalu di buang?? gampang kasih aja ke emak buat masak hehehe.


NB : Sebaiknya dilakukan oleh mekanik yang mengerti sistem kerja mesin dan tabung gas LPG untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.
Gambar nyusul gan cz gadget gi rusak hehehe

No comments:

Post a Comment