Sunday, November 9, 2014

BoreUp Honda BEAT 125cc murah

Hari ini hari minggu bangun kepagian trus bingung mau ngapain????
Dari pada bengong ya udah sruput kopinya, bakar rokoknya, nyalain laptop kita nulis aja mumpung masih pagi otak masih seger. Siiiip.


Beat nyonya

Dari judul di atas yang bikin pusing ada kata murahnya hehehe tapi gak apa-apa namanya juga kreatif  duitnya dikit ya diakalin lah. Pertama yang harus diperhatikan adalah specs honda Beat itu sendiri yaitu, bore 50mm dan stroke 55mm dari sini dikeatahui kapasitas standart Beat 108cc. Nah kapasitas 108cc ini di dapat dari perhitungana sbb:
    Volum = 1/4× 3,14 × Dkuadrat× P
                           D = Diameter Piston/seher (bore)mm
                   P = Langkah Piston (stroke)mm
Volum = Kapasitas mesin (cc)

Berdasarkan perhitungan di atas untuk meningkatkan kapasitas mesin kita musti menaikkan Bore atau Stroke atau keduanya. Berarti kita harus ganti seher dengan diameter lebih besar atau melakukan stroke up, mengingat judul di atas stroke up di rasa terlalu mahal dan ribet, so kita pilih boreup saja murah meriah dan gak ribet.

Mengganti seher lebih besar gak bisa sembarangan harus dihitung dulu ketebalan boring biar aman, diameter boring Beat 56mm dan diameter seher 50mm, berarti sisa ketebalan boring 3mm sementara ketebalan ideal boring 2,5mm waduh berarti cuma bisa nambah 0,5mm dong.....???? kalau mau lebih besar musti ganti boring dong..... (ogah ah mahal).
Tenang aja bro berdasarkan pengalaman ketebalan boring bisa kita paksa hingga 1,5mm hehehe berarti kita bisa upgrade hingga seher 53mm dan siapa lagi yang punya seher segitu kalu bukan si dermawan Kawak Kaze atau bisa juga pakai karisma over size 50.

Lanjuut tebus seher kaze yang AHM kalau kemahalan NPP juga boleh wakakakaka menurut saya kenapa pilih kaze bukan karisma karena seher karisma jenongnya kedalam bikin mesin low kompresi kurang greng...dan lagi musti ganjal pak 1mm biar seher gak mentok heat. Agar aman seher kaze dibubut menyesuaikan kubah head beat dan dicoak ulang sesuai derajat dan diameter klep beat supaya tidak mentok klep saat seher posisi TOP maupun saat klep overlap.

Beres kalau di hitung kapasitas beat ente sekarang 121,2cc kalu masih kurang bisa pakai seher kaze over size 50 sehingga naik lagi jadi 123,5cc kalau di bulatin ya jadi 125 lah hihihi. Untuk mendukung kenaikan kapasitas baiknya jetting dinaikkan masing2 satu atau dua step baik pilot maupun main jetnya, supaya lebih maximal porting boleh di alusin, kalau masih kurang noken as di papas 0,5mm atau 1mm untuk menaikkan lifter klep, agar lebih afdol puley di upgrade yang ada embel2 racingnya, kalau masih kurang juga mendingan ente kemari biar ane bantu ampe motor ente bisa terbang hehehe bagaimana tidak kalau di upgrade jadi 300cc dekombinasi noken as sakti dan pengapian jumbo hayoo..

Sekian bro sis moga bermanfaat, yang pengen nambah atau ralat monggo ... mari sama2 belajar.

Bagi yg ada dana lebih bisa pake blok kop kawahara 54,5mm, tembus 130cc mmantap.

NB: sory bro sis untuk gambar belum bisa cz gadget pada rusak mau photo pake laptop ribet, ntar ja nyusul gambarnya hehehe :D

1 comment:

  1. Kalo Blok Seher Kawahara Boringnya Tersisa Berapa Mm Bang?

    ReplyDelete